June 01, 2018

Gala Siswa Indonesia

Gala Siswa Indonesia yang disingkat dengan GSI. GSI Tingkat SMP merupakan Liga Sepak Bola Siswa Indonesia Tingkat SMP merupakan upaya percepatan persepakbolaan nasional. Gala Siswa Indonesia Tingkat SMP (GSI Tingkat SMP) terselenggara berkat kerja sama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, PSSI, dan KONI. Pelaksanaan GSI Tingkat SMP dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan hingga internasional. Hal tersebut dipuji oleh brand ambassador GSI SMP Indra Sjafri sebagai metode kompetisi yang baru pertama kali terjadi di dunia.

Gala Siswa Indonesia

GSI untuk siswa SMP sederajat tingkat nasional rencananya akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2018. GS  di ikuti oleh perwakilan provinsi, indonesia terdiri dari 34 provinsi,  maka perwakilan tim dari 34 provinsi itu akan mengikuti event yang untuk pertama kali dihelat ini. Sistem grup dipergunakan di tingkat nasional, dimana masing-masing grup terdiri dari 4 tim, kecuali grup A dan grup H yang terdiri dari 5 tim.

Sebelum masuk ke grup dilakukan pengundian berdasarkan pot-pot undian yang tersedia. Pembagian pot sesuai wilayah, pembagian letak strategis di Indonesia dengan tujuan sebaran peserta terbagi merata di tiap grup dan tercapai pemerataan di tiap grupnya.

Terdapat juga pot ekstra untuk menentukan posisi pot yang akan ditempati provinsi Papua dan Papua Barat. “Melalui pot ekstra ini menentukan dimana Papua dan Papua Barat berada. Karena pot 5 akan menentukan di grup A atau H yang berisi 5 tim. Pot ekstra terdapat bola yang bertuliskan pot 1, 2, 3, 4, 5,” terang Direktur Kompetisi PSSI Dessy Afrianto yang memandu pengundian GSI SMP tingkat nasional tahun 2018 di Ruang Graha Utama lantai 3, Gedung Ki Hadjar Dewantara, Kompleks Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Rabu (30/5/2018)


EmoticonEmoticon