May 02, 2018

Pedoman FLS2N SMP Tahun 2018

Dalam rencana strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015 – 2019, visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015 – 2019 adalah “Terbentuknya insan serta ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan yang berkarakter dengan berlandasan gotong royong”.

Pemerintah sebagai pengelola dan penyelenggara pendidikan berupaya keras dalam melaksanakan program-program peningkatan mutu pendidikan. Kemndikbud dalam hal ini diwakili oleh DITPSMP  berusaha terus untuk mewujukan salah satu program Nawacita Presiden Republik Indonesia Bapak Jokowi yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dan melakukan revolusi karakter bangsa yang akan dilaksanakan melalui kegiatan seni.

Sebagai upaya memberikan ruang untuk mengembangkan kreativitas dalam penguatan pendidikan karakter dan potensi seni peserta didik SMP, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyelenggarakan kegiatan yang mampu mewadahi bakat dan minat seni peserta didik, yaitu Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).

Pedoman FLS2N SMP Tahun 2018

Persyaratan peserta FLS2N adalah jenjang SMP, MTs Sederajat negeri maupun swasta dengan ketentuan sebagai berikut :
  • Merupakan siswa yang belum pernah juara I, II, III, Harapan I, Harapan II, Harapan III, dan Penyaji Terbaik pada kegiatan FLS2N SMP/Mts Tingkat Nasional pada tahun sebelumnya;
  • Peserta merupakan siswa kelas VII atau VIII (Kelas IX tidak boleh ikut yaa) yang masih berstatus sebagai siswa SMP dan masih aktif saat mengikuti lomba dengan dibuktikan surat keterangan dari Kepala Sekolah tempat siswa bersekolah yang bersangkutan;
  • Peserta FLS2N tingkat nasional merupakan sangjuara FLS2N Tingkat Provinsi;
  • Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan terdaftar di data pokok peserta didik yang diperoleh dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Cabang yang dilombakan FLS2N pada jenjang SMP tahun 2018 ada lima jenis cabang seni yang dilombakan sebagai berikut :
  • Festival Kreativitas Tari
  • Festival Kreativitas Musik Tradisional
  • Lomba Gitar Solo
  • Lomba Menyanyi Solo dan 
  • Lomba Desain Poster

Silahkan download petunjuk Pelaksanaan FLS2N SMP Tahun 2018

Lomba FLS2N tingkat SMP dilaksanakan secara bertingkat, seleksi dimulai dari jenjang tingkat sekoah, selanjutnya ke tingkat kabupaten kota, kemudian sang juara tingkat kabupaten dilanjutkan ke tingkat provinsi. Yang terbaik ditingkat provinsi yang berhak melanjut ke tingkat nasional.

Tari menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat yang mengandung nilai-nilai religius, nilai moral, dan nilai edukasi dalam kaitannya dengan hubungan manusia terhadap Tuhan, hubungan sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam sekitar. Beberapa nilai pendidikan karakter dalam tari seperti cinta tanah air, cinta lingkungan, dan bangga terhadap identitas budaya yang memiliki kearifan lokal.

Setiap daerah memiliki khasanah tari tradisi dengan berbagai keunikan yang menjadicirikhas. Salahsatu bentuk pelestarian adalah denganmengembangkan tari tradisi ke dalam bentuk yang kreatif dan inovatif. Hal ini dapat melahirkan akulturasi budaya sebagai wujud dari adanya keberagaman budaya yang ada di nusantara. Dengan demikian dalam proses penciptaan dapat mengambil sumber pijakan tari (gerak, musik tari, rias dan busana) dari berbagai daerah di luar etnisnya.

Di era digital ini anak-anak lebih nyaman berlama-lama menatap layar komputer, gadget yang berisikan program-program/software tentang editing gambar, musik, dan dapat melihat film-film tari yang ada di berbagai belahan bumi lain. Kondisi ini menjadi modal positif untuk menambah wawasan peserta didik dalam berkarya tari. Proses kreatif yang melibatkan berbagai tema yang dibungkus dengan tradisi yang dapat berakulturasi dengan budaya lain ditambah dengan sentuhan teknologi diharapkan dapat menghasilkan kreativitas siswa yang menggambarkan manusia Indonesia yang berdasarkan Pancasila.


EmoticonEmoticon